Trik Sukses Ujian Nasional

Ujian Nasional merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengevaluasi keberhasilan dunia pendidikan.
Harapan, tentu setiap diadakan evaluasi, hasilnya tentu diharapkan semakin meningkat, sehingga kualitas pendidikan di negeri ini semakin baik.

Tahun ini, Ujian Nasional kembali dilaksanakan, tingkat SMA/MA telah selesai dilaksanakan pada tanggal 4-6 April 2016 kemarin. SMP / MTs sederajat akan dilaksanakan tanggal 9 - 12 Mei 2016. Sedangkan SD/MI Sederajat pada tanggal 16 - 18 Mei mendatang.
Harapan semoga perjuangan yang dilakukan oleh para siswa dan siswi ini akan membuahkan hasil yang memuaskan demi kemajuan dunia pendidikan di negeri ini.

Beberapa trik yang perlu juga diperhatikan dalam menghadapi Ujian Nasional :
1. Hadapilah UN dengan tenang dan proporsional

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional, jadikan ujian ini sesuatu yang mesti dihadapi dan dilalui. Maka hadapi dengan Sikap tenang, tidak ceroboh, dan tidak tergesa – gesa. Susun segala taktik dan rencana yang menyenangkan, sehingga fres dan enjoy dalam menempuh ujian Nasional ini.

2. Siapkan mental dan fisik

Kesiapan mental tentu hal yang sangat diperlukan juga dalam menghadapi Ujuan Nasional, kenapa demikian, dengan kesiapan mental yang mantap, maka disaat pelaksanaan Ujian kita akan tenang,  percaya diri, dan tidak takut atau stress.

3. Tingkatkan motivasi belajar

Keberhasilan kita dalam menghadapi Ujian Nasional juga sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi yang ada pada diri. Kita akan memiliki dorongan belajar yang tinggi apabila kita juga memiliki motivasi yang kuat. Karena motivasi merupakan suatu proses yang sangat berpengaruh juga dalam menentukan keberhasilan dari suatu perbuatan yang akan kita lakukan dalam mencapai tujuan yang kita ingingkan.

4. Siapkan kemahiran dan keterampilan

Yang kita maksud dengan kemahiran disini adalah kita juga membekali diri dengan kemahiran dan kecakapan dalam menghadapi Ujian Nasional tersebut, misalnya keterampilan dalam mengisi LJUN ( Lembar Jawaban Ujian Nasional tersebut ) disamping penguasaan materi yang akan diujikan. Karena hal – hal yang kecil – kecil ini harus dicermati dan diperhatikan dengan seksama, mungkin sebahagian orang mengabaikan hal – hal yang sepertinya sepele ini, tetapi ini mengakibatkan hal yang sangat fatal sekali jika kita tidak serius memperhatikannya, karena orang bilang, “ lobang kecillah yang sering menjatuhkan dibandingkan dari lobang yang besar” jadi mari kita biasakan, memperhatikan segala sesuatu, mulai dari yang sekecil – kecilnya itu perlu kita cermati dengan baik.

5. Buatlah perencanaan yang matang

Menghadapi ujian Nasional merupakan suatu perjuangan yang kita lakukan dalam meniti jembatan dalam menempuh kesuksesan. Tentu hal yang penting ini memerlukan  perencanaan yang mantap. Karena sangat nihil sekali rasanya, suatu yang penting yang sangat kita dambakan dan kita inginkan tidak kita prsiapkan dengan perencanaan yang mantap pula. Mari kita ukur, kira – kira sudah sejauh mana kemampuan dalam penguasaan  materi yang akan di ujikan tersebut, dan kita juga sadar akan kekurangan yang kita miliki, maka dari kekurangan tersebut, kita jangan sungkan untuk mencari jawabannya, mungkin belajar dengan teman yang lebih menguasai materi yang akan di ujikan nantinya, sehingga kekurangan kita tadi bisa teratasi, akhirnya kita sudah benar – benar siap dalam menghadapi ujian ini. Inilah beberapa tips yang bisa juga membantu para pelajar dalam menyiapkan diri dalam menghadapi Kesuksesan Ujian Nasional.

0 comments:

Copyright © 2013 Kreatifitas Menulis