LANGKAH SUKSES UN 2016



 Senin 04 April 2016, awal dimulai nya ujian Nasional untuk tahun ajaran 2016 / 2017. Dimulai dari satuan pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas  ( SLTA ). Insya allah Mei mendatang juga akan dilanjutkan dengan satuan pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama ( SLTP ), kemudian baru dilanjutkan dengan Sekolah Dasar ( SD).
            Berbagai persiapan sudah mulai terlihat, misalnya soal ujian sudah ada sebahagian yang sudah sampai di dinas pendidikan kabupaten dan kota, barangkali juga persiapan – persiapan dari lembaga pendidikan pelaksana juga sudah mulai terlihat. Mudah – mudahan semua ini berjalan lancar, tidak terulang kembali beragam permasalahan – permasalahan dalam pelaksanaan ujian Nasional tahun ini.

            Ujian Nasional, merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah dalam mengukursejauh mana keberhasilan pendidikan di Tanah Air ini.Kemudian juga sebagai acuan dalam mengevaluasi apa yang mesti dilakukan kedepannya, sehingga dunia pendidikan tersebut semakin meningkat mutunya.
            Dalam pelaksanaan Ujian Nasional, tentu semua pihak sangat merindukan keberhasilan yang memuaskan. Bagi pemerintah tentu berharap mutu keberhasilan nya sangat meningkat, bagi instansi / sekolah tentu juga berharap peserta didiknya lulus dengan hasil yang memuaskan serta kualitasnya bermutu dan bisa dihandalkan. Begitu juga dengan individu atau peserta didik yang mengikuti ujian, tentu berharap lebih besar lagi demi menatap masa depan yang gemilang.
            Harapan demi harapan tentu selalu membayangi semua pihak, terlebih  peserta yang akan melaksanakannya. Beragam harapan tentu sudah mulai membayanginya, akan tetapi rasa kekhawatiran barangkali juga sangat tinggi. Kenapa tidak, bayang – bayang akan berhasil atau tidaknya dalam menempuh ujian ini sekurang – kurangnya terlintas juga dalam pemikiran.
            Sebetulnya berhasil atau tidaknya dalam menempuh sesuatu, tergantung kepada usaha dan kesunguh – sungguhan orang yang melaksanakannya. Kata bijak mengatakan “ selalu lakukan yang terbaik, karena tuhan telah menjadikan kita yang terbaik. Untuk sukses dalam hidup kita mesti yakin bahwa kita bisa, karena keyakinan adalah akar yang akan menguatkan langkah – langkah kita dalam menggapai tujuan kedepannya.
            Pertanyaannya sekarang, sudah sejauh mana persiapan yang sudah dipersiapkan dalam menempuh ujian ini ? apakah sudah maksimal atau belum ?, tentu masing – masing individu yang akan mengikuti ujian tersebut yang lebih tau jawabannya.
            Walaupun demikian, sedikit berbagi untuk kita semua, barangkali bisa membantu mengingatkan akan persiapan yang dipersiapkan sebelum mengikuti ujian Nasional ini, diantaranya :
1.      Hadapi Ujian Nasional dengan Tenang dan Provesional
Ujian Nasional bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti, namun hadapilah dengan tenang dan provesional. Anggaplah ujian ini suatu hal yang harus kita lalui. Hadapi dengan tenang dan tidak ceroboh atau tergesa – gesa. Tenangkan diri, alihkan pemikiran, bahwa ujian nasional ini bagaikan suatu tempat yang bisa kita lalui dengan nyaman dan menyenangkan.
2.      Siapkan Mental dan Fisik
Kesiapan mental tentu hal yang sangat penting juga sebelum menghadapi ujian Nasional ini, karena kalau mental kita benar – benar siap, tentu apa yang akan dilakukan tidak menjadi beban yang berarti dalam melaksanakannya. Maka disaat pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung, kita akan tenang dan tidak stres dalam menghadapinya.
3.      Tingkatkan Motivasi Belajar
Keberhasilan dalam melaksanakan uian Nasional juga ditentukan oleh tinggi atau rendahnya motivasi yang ada dalam diri. Jika motivasi keberhasilan semakin kita tumbuhkan dalam diri, maka akan semakin besar juga dorongan atau energi yang kita timbukan dalam diri, sehingga motivasi kita dalam mewujudkan keberhasilan juga akan semakin besar.

4.      Siapkan Kemahiran dan Ketrampilan
Yan dimaksud dengan persiapan kemahiran disini adalah kecakapan kita dalam menghadapi ujian Nasional ini. Misalnya kemahiran dalam mengisi LJUN ( Lembaran Jawaban Ujian Nasional). Walaupun bentuknya hal sederhana, akan tetapi jika kita tidak cakap dalam hal ini, juga akan menimbulkan dampak yang bisa merugikan diri sendiri. Misalnya bulatannya yang kurang, atau kotornya lembaran jawaban, ataupun juga salah angka dalam pengisian nomor identitas atau nama dilembar jawaban.
Maka hal – hal kecil itu mesti juga diperhatikan secara serius dalam melaksanakan ujian tersebut. Orang bijak bilang, “ Hal yang menjatuhkan orang tersebut, kebanyakan dari hal – hal kecil yang diabaikan. Jadi mari biasakan untuk selalu membiasakan memperhatikan hal – hal kecil yan sesungguhnya memiliki peran yang sangat berarti dalam melaksanakan sesuatu.
5.      Buatlah Strategi dan Perencanaan yang Matang
Ujian Nasional merupakan salah satu perjuangan yang menjembatani dalam meniti kesuksesan. Tentu, karena begitu pentingnya, maka diperlukanlah metode atau strategi yang mantap. Karena sangat nihil rasanya sesuatu itu akan berhasil dengan maksimal tanpa dibarengi dengan persiapan yang matang.
Saat ini, ukur diri dan kesiapan, cari dimana rasanya kelemahan yang betul – betul belum siap untuk menempuh Ujian Nasional ini. Setelah tau, maka berusaha untuk menyempurnakan kekurangan dalam persiapan tersebut. Bisa jadi dipecahkan permasalahan ini bersama teman, ataupun juga bersama guru pembimbing disekolah.
Selamat melaksanakan Ujian Nasional 2016, selalu semangat, semoga kesuksesan senantiasa menghampiri.***




0 comments:

Copyright © 2013 Kreatifitas Menulis